Advertise with TeamPromote CLICK HERE CLICK HERE

Soal Algoritma

Soal Algoritma

1. Apa yang disebut dengan algoritma?
Menurut penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi (825 M). Algoritma adalah suatu metode khusus (kumpula perintah) yang tepat dan terdiri dari urutan langkah-langkah terstruktur untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis dan logis, perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir dengan bantuan komputer.

2. Bagaimanakah ciri-ciri algoritma yang baik?
Ciri-ciri algoritma yag baik menurut Donald E. Knuth :
• Input, ada minimal 0 input atau lebih
• Ouput, ada minimal 1 output atau lebih
• Definite, ada kejelasan apa yang dilakukan
• Efective, langkah yang dikerjakan harus efektif
• Terminate, langkah harus dapat berhenti (stop) secara jelas

3. Jelas cara menuliskan algoritma dengan:
- Deskripsi
Deskripsi setiap langkah dijelaskan dengan bahasa yang jelas, cocok untuk algoritma yang pendek, relatif sulit untuk dikonversi ke bahasa pemrograman dan notasi yang dinyatakan dalam kalimat deskriptif.

• Contoh :
Algoritma Bilangan Maksimum, diberikan tiga buah bilangan bulat. Carilah bilangan bulat maksimum diantara ketiga bilangan tersebut.
Deskripsi :
– Mulai
– baca bilangan 1
– baca bilangan 2
– bandingkan bilangan 1 dan bilangan 2, kita ambil yang lebih besar, jika kedua bilangan tersebut sama besar, dapat kita ambil bilangan 1, dan sebut bilangan tersebut MAX
– baca bilangan 3
– bandingkan MAX dengan bilangan 3, dan pilih yang lebih besar, jika keduanya sama besar, pilih MAX dan sebut bilangan tersebut MAX.
– keluarkan sebagai output MAX selesai.

- Flowchart(bagan alir)
Sama halnya dengan notasi deskriptif, notasi ini cocok untuk algoritma yang pendek, relatif sulit untuk dikonversi ke bahasa pemrograman dan notasi yang dinyatakan dalam flowchart adalah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program yang menyatakan arah alur program tersebut.
- Pseudocode
Notasi yang menyerupai bahasa pemrograman tingkat tinggi dan kemudahan mengkonversinya (mentranslasi ke notasi bahasa pemrograman.
• Contoh :
Deklarasi :
– Bil1,Bil2,Bil3 : integer {bilangan yang dicari maksimumnya}
– MAX : integer {variabel bantu}
Deskripsi :
– Read (Bil1,Bil2)
– If Bil1 >= Bil 2 then
– Bil1 = MAX
– Else Bil2 = MAX
– Read (Bil3)
– If Bil3 >= MAX then
– Bil3 = MAX
– Write (MAX)

4. Tuliskan algoritma untuk membuat Segelas Kopi, semangko Mie Rebus
 siapkan cangkir
 isi dengan kopi 7 sendok
 Tambah gula 1 sendok
 Seduh dengan air panas
 Diaduk aduk mie Rebus
 siapkan panci
 isi panci dengan air
 taruh diatas kompor
 nyalakan kompor
 tunggu sampai matang
 isi dengan bumbu
 Pindahkan ke mangkok
 dimakan

5. Jelaskan Symbol-symbol algortima dalam bentuk flowchat berikut


 Untuk mulai/akhir : Simbol ini dinamakan terminator, digunakan untuk menyatakan MULAI (START) dan SELESAI (END) suatu algoritma.
 Untuk input : Manual input merupakan KOTAK MASUKAN yang digunakan untuk membaca data yang diberikan oleh usernya. Jadi user mengimput suatu harga/variable/nilai.
 Untuk proses data : Data merupakan KOTAK DATA yang digunakan untuk membaca dan menampilkan data. Contoh aplikasinya yaitu jika kita ingin kita ingin mengetahui saldo tabungan kita pada mesin ATM, ATM hanya tinggal membaca data yang ada.
 Untuk proses : Proses merupakan KOTAK PENUGASAN untuk melakukan perhitungan matematika yang hasilnya diberikan sebagai suatu variable.
 Decision merupakan KOTAK KEPUTUSAN untuk memutuskan arah atau percabangan yang diambil sesuai dengan kondisi yang saat itu terjadi. Hanya ada 2 keputusan yaitu BENAR atau SALAH.
 Untuk output : Kotak ini selain untuk input, digunakan juga untuk output.
 Digunakan untuk menampilkan data.
 Dokumen merupakan KOTAK KELUARAN untuk menampilkan / mencetak / menyimpan hasil(keluaran).
 Simbol Aliran Panah.
 Connector merupakan SIMBOL PENGHUBUNG, untuk penghubung bila diagram alur terputus tapi masih dalam halaman yang sama.
 Off-page connector merupakan SIMBOL PENGHUBUNG, untuk penghubung bila diagram alur terputus disebabkan misalnya oleh pergantian halaman (tak cukup digambar 1 halaman).


6.Tuliskan algoritma untuk mengitung luas persegi panjang (Luas=panjang * lebar) dalam bentuk
- Deskripsi
Jawab :
Contoh:
Buat algoritma dan Flowchart untuk Menghitung Luas Persegi Panjang:

Pekerjaan:
Rumus:
LuasPersegiPanjang = Panjang x Lebar
Algoritma:
1. Tentukan nama variabel yang akan menampung data Panjang, lebar dan luas persegi panjang.
2. Masukkan (inputkan) data Panjang dan Lebar pada variabel yang sudah ditentukan.
3. Hitung Luas persegi panjang.
4. Tampilkan (outputkan) Luas persegi panjang.
-Flowchart(bagan alir)

-Pseudocode

7.Apa perbedaan dalam mempelajari PEMROGRAMAN dan Bahasa PEMROGRAMAN ?
Belajar memprogram tidak sama dengan belajar bahasa pemrograman. Bahasa memprogram adalah belajar tentang metodologi pemecahan masalah, kemudian menuangkannya dalam suatu notasi tertentu yang mudah dibaca dan dipahami. Sedangkan belajar bahasa pemrograman berarti belajar memakai suatu bahasa aturan-aturan tata bahasanya, pernyataan-pernyataannya, tata cara pengoperasian compilernya dan memanfaatkan pernyataan –pernyataan tersebut untuk membuat program yang ditulis hanya dalam bahasa itu saja.
Secara sistematis berikut diberikan kiat-kiat untuk belajar memprogram dan belajar bahasa pemrograman serta produk yang dapat dihasilkan :
a) Belajar Memprogram
o Belajar bahasa pemrograman.
o Belajar tentang strategi pemecahan masalah, metodologi dan sistematika pemecahan masalah kemudian menuliskannya dalam notasi yang disepakati besama.
o Bersifat pemahaman persoalan, analisis dan sintesis.
o Titik berat : designer program
b) Belajar Bahasa Pemrograman
o belajar memakai suatu bahasa pemrograman, aturan sintaks, tata cara untuk memanfaatkan pernyataan yang spesifik ntuk setiap bahasa.
o Titik berat : coder

8. Sebutkan ciri-ciri program yang baik?(sebutkan dan jelaskan) !
Algoritma pemrograman yang baik memiliki ciri-ciri :
a. Memiliki logika perhitungan/metode yang tepat dalam memecahkan masalah.
b. Menghasilkan output yang tepat dan benar dalam waktu singkat.
c. Ditulis dengan bahasa yang standar secara sistematis dan rapi sehingga tidak menimbulkan arti ganda.
d. Ditulis dengan format yang mudah dipahami dan diimplementasikan kedalam bahasa pemrograman.
e. Semua operasi yang dibutuhkan terdefinisi dengan jelas.
f. Semua proses harus selalu berakhir setelah sejumlah langkah dilakukan.
Dari ciri-ciri tersebut dapat disimpulkan 3 hal bahwa algoritma pemrograman yang baik harus memiliki syarat sbb:
a) Setiap langkah harus definite (tertentu dan pasti)
b) Minimal ada 1 output, input tidak wajib ada.
c) Proses harus bisa berhenti atau berakhir ada Stepping Criteria

No comments:

viewtrend statbrain iwebtool builtwith alexa siteadvisor netcraft sitedossier toolbarnetcraft tgsc quantcast protect-x siteadvisor compete statsaholic